Selasa, 08 Maret 2022

TUGAS MAKALAH PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

 

TUGAS MAKALAH

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

Mata Kuliah Pengantar Bisnis Informatika




 

Disusun Oleh:

-          Adam Fathahillah Zainullah (50420029)

-          Ananda Nurlita (50420166)

-          Aulia Dwi Kurniawan (50420255)

-          Fadlan Prabaswara (50420436)

-          Damara Salsabila (50420328)

-          Risda Novelia (51420112)

-          Renaldy Prasetyo (55417047)

 

2IA18

TEKNIK INFORMATIKA

UNIVERSITAS GUNADARMA

2022


PENGERTIAN BISNIS

Bisnis diambil dari bahasa inggris yaitu “ Business “ yang artinya kesibukan. Dalam konteks entitas bisnis merupakan suatu organisasi atau badan lain yang bergerak dalam kegiatan komersial, profesional, atau industri, untuk memperoleh keuntungan. Dari penjelasan tersebut dapat kita pahami bahwa penggunaan kata “bisnis” dapat merujuk pada tiga hal, tergantung lingkupnya, yaitu:

·         Badan Usaha, yaitu kesatuan yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari keuntungan.

·         Sektor pasar tertentu, misalnya pasar modal.

·         Seluruh aktivitas pada komunitas produsen barang dan jasa.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu bisnis, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1.      Hughes dan Kapoor

Menurut Hughes dan Kapoor, definisi bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

2.      Brown dan Pretello

Menurut Brown dan Pretello, pengertian bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.

3.      Jeff Madura

Menurut Jeff Madura, pengertian bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan.

4.      L. R. Dicksee

Menurut L. R. Dicksee, definisi bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasiTeknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

 

BISNIS INFORMATIKA

Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi  disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet.

Sedikit Contoh Bisnis Informatika:

1.      E-Commerce

E-Commerce merupakan suatu usaha yang berkaitan dengan jual beli suatu barang dan jasa dengan bantuan internet, atau dengan kata lain menggunakan bantuan elektronik. Sekarang ini banyak sekali web-web penyedia e-commerce seperti http://www.kaskus.us , tokobagus.com ,dll. Dengan adanya e-commerce kita tidak perlu jauh-jauh pergi ketempat toko barang yang kita inginkan, tetapi cukup duduk manis dirumah dan pesan barang yang di inginkan. Tentu bisnis seperti ini juga memiliki kelemahan yaitu kita harus terhubung dengan internet, selain itu barang yang dilihat di foto belum tentu sama seperti yang diharapkan.

         Software House

Software House ( pembuatan software sesuai permintaan) adalah Seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atay perbaikan software, database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/selling products and sevices, Account based dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security camera ( cctv/ webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis usaha  Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).


3.      Penyedia Jasa Berita dan infotainment online

Bisnis ini merupakan bisni yang menyediakan jasa berita secara online. Dengan bantuan ini kita akan mendapat kan berita yang kita inginkan secara cepat dan tentunya up to date. Penyedia jasa ini seperti goal.com , detik.com , kapanlagi.com, dll.

 

JENIS BISNIS INFORMATIKA

Ada banyak jenis-jenis bisnis informatika ini. Salah satunya adalah di bidang E-Commerce yaitu

1.      Bukalapak





`                 

                    Bukalapak merupakan salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia. Dari pemilik brand shopping lokal melalui grup kepemilikannya yang didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin Rasyid pada tahun 2010. Bukalapak awalnya merupakan toko daring yang memungkinkan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk merambah ke dunia maya. Perusahaan tersebut kini telah melakukan ekspansi ke berbagai lini bisnis lain, termasuk membantu meningkatkan penjualan para warung tradisional lewat layanan Mitra Bukalapak. Pada tahun 2017, Bukalapak menjadi salah satu startup unicorn asal tanah air

 Setelah menjelaskan apa itu Bukalapak Selanjutnya adalah membahas tentang kekurangan dan kelebihan dari Bukalapak itu sendiri.

Berikut ini ada beberapa Kelebihan Bukalapak :

·         Selalu cepat dalam menjalankan pengantaran dan berinovasi.

·         Menambahkan gambar=gambar produk yang sangat mudah dan efisien dan bisa drag drop 5 gambar serta bemat waktu dan juga praktis.

·         Manajemen stoknya benar-benar sangat akurat, jika sedang menunggu pembayaran maka stok akan dikurangi , dan bila batal maka stok akan dikembalikan, agar mencegah pembeli membayar barang yang stoknya apabila sudah habis.

·         Pilihan jasa pengirimannya lumayan cepat dan juga bisa memilih opsi gratis ongkir (ongkos kirim) ini yang kelebihan di Bukalapak terkadang orang ragu berbelanja online dikarenakan masalah ongkos kirim tersebut.

·         Dapat mengatur diskon disuatu produk dan biasanya pihak Bukalapak juga sering menyediakan diskon sehingga dapat meningkatkan kesempatan barang laku.

·         Dana akan masuk ke (bukadompet ) cuman 1 hari setelah data tracking mengatakan bahwa barang diterima oleh pembeli.

·         Tampilan transakasinya sangat baik di aplikasi maupun di website sangat simpel dan informatif, mulai dari suatu barang maupun ke detail alamat pribadi.

·         Tersedia BL widget agar bisa mempromosikan lapak ke Website yang lain.

·         Security ataupun keamanan akun sudah sangat bagus, kode OTP otomatisnya juga membantu serta praktis.

·         Gratis fitur premium nya terlihat sangat bagus serta jelas.

·         Bisa berbelanja tanpa registrasi tetapi harus tetap harus berhati-hati dan jangan lupa membaca deskripsi terlebih dahulu dengan baik.

·         Metode pembayaran serta transfer cukup, lengkap serta banyak pilihan lainnya.

·         Dan kelebihan yang terakhir Barang yang akan dikirim maksimal 2 hari setelah bayar.

Berikut ini ada beberapa Kekurangan Bukalapak :

·         Dari secara keseluruhan mulai dari jumlah barang dan variasinya sangat sedikit dibanding toko lainnya.

·         Diskusi nya tidak ada oleh karena itu untuk bisa mengetahui info lebih lanjut tentang barang tersebut atau pengiriman harus tanya langsung ke penjual.

·         Tampilan website kurang mengesankan karena tidak ada garis batas dan kontras antara konten yang disebar dan backgroundnya.

·         Penjual yang menetapkan banyak pilihan pengiriman juga sedikit.

·         Tidak mempunyai sama sekali pre-order

·         Respon dari CS dalam menanggapi permasalahan sangat lama, biasanya respon nya bisa 2 tau sampai 3 hari baru dibalas.

·         Populasi biaya kirim tampak jelas serta lebih mudah tanpa harus menekan tombol beli.

·         Di fitur pencarian produk biasanya tidak berfungsi ataupun terkadang loadingnya terlalu lama di website tersebut.

·         Dihalaman beranda cukup berat dan bisa membuat aplikasi tersebut Nge-Lag. Karena adanya lag pada aplikasi maka akan mengurangi para pembeli untuk memkakai aplikasi Bukalapak tersebut. Produk-produk yang otomatis termuat dan ditempatkan di bagian depan akan lebih baik lagi apabila menyediakan sector khusus pada barang yang promo supaya akan bisa terload apabila pembeli ingin mengklik nya.

·         Jangan sampai ada masalah jika berinteraksi di Bualapak, Apabila anda adakah Quick Buyer. Biasanya Quick Buyer itu menyulitkan ataupun mempersulitkan diri sendiri serta seller karena tidak mencantumkan ukuran ataupun warna tipe peroduk yang akan dibeli, serta pembeli tidak dapat dihubungi.

·         Pencairan saldo dari Bukadompet maka sangat lama.

·         Apabila mengedit deskripsi barang sering kali error dikarenakan banyaknya tag-tag html yang ikut termasuk dalam tulisan.

 

2.      Gojek










Gojek bukanlah platform yang asing lagi di Indonesia. Aplikasi yang bermula dari layanan transportasi ini, terus beradaptasi dan berkembang sesuai dengan kebutuhan dari para pengguna.Kesuksesannya menjadi aplikasi yang lekat dalam keseharian pelanggan, tentu juga memberikan lapangan pekerjaan yang sepadan.

Hal itu ditunjukkan dari pertumbuhan total pengguna aktif bulanan serta pengemudi yang kian ramai dan Gojek juga termasuk perusahaan Startup Decacorn pertama di Indonesia. Kemudahan dan ragam fitur yang ditawarkan membuat aplikikasi dirian Nadiem Makarim ini menjadi aplikasi yang wajib dimiliki smartphone masyarakat Indonesia.

Fitur Menarik di Aplikasi Gojek




Setelah menjelaskan apa itu Gojek Selanjutnya adalah membahas tentang kekurangan dan kelebihan dari Gojek itu sendiri.

Berikut ini kelebihan Gojek, antara lain sebagai berikut:

·         Tidak perlu mencari driver ojek, sebab Gojek akan mencarikan driver terdekat untuk memenuhi keinginan dari Anda.

·         Harga ditetapkan langsung oleh aplikasi.

·         Keamanan terjamin, dikarenakan setiap data driver terekam dalam server Gojek.

·         Bisa membatalkan pesanan.

·         Jalan bisa sesuai petunjuk yang sudah diarahkan atau menggunakan jalan alternative untuk mencapai tujuan tepat waktu.

·         Bisa melakukan pesanan untuk orang lain

·         Penilaian pelayanan bisa lengsung diberikan oleh pengguna

·         Pengemudi mudah didapat, sehingga mempercepat waktu pemesanan.

Walaupun memiliki ragam fitur bermanfaat dan keunggulan, tentu Gojek juga memiliki kekurangan Gojek, antara lain sebagai berikut:

·         Harus menggunakan jaringan internet, sehingga menyulitkan pengguna untuk memesan dalam keadaan sinyal yang buruk.

·         Merubah arah akan dikenakan biaya tambahan.

·         Beberapa tempat masih sulit mencai pengemudi.

·         Report dan saran tidak ditanggapi dengan maksimal

·         Pemesanan makanan lewat go-food lumayan lama dengan harga makanan yang lebih tinggi dari harga sebenarnya.


3.      Facebook















Website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambhakan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya.

Facebook didirkan oleh Matk Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School diluncurkan pertama kali pada 4 februari dan awalnya hanya untuk siswa Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.

Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat email universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.

Selanjutnya Facebook dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat alamat email apapun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdsasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Facebook menemui masalah dalam beberapa tahun terakhir seperti pemblokiran pada negara Suriah, Iran dan beberapa tempat kerja agar para pekerja tidak menyalahgunakan waktu kerjanya untuk membuka Facebook. Dan masalah tentang tuduhan bahwa Zuckerberk mencuri kode program dari teman-temannya untuk membuat Facebook.

Facebook juga pernah ditawar oleh yahoo senilai $1 miliar dan kemudian oleh seoran anggota dewan Facebook, menjunjukan bahwa Facebook internal Valuation adalah sekitar $8 miliar berdasarkan proyeksi pendapatan sebesar $1 miliar pada tahun 2015

 




Berikut ini kelebihan Facebook, antara lain sebagai berikut:

1.      Mudah

Facebook sangatlah mudah untuk digunakan dibanding media sosial lainya. Tampilan Facebook sangat minimalis sehingga mudah untuk dimengerti oleh pengguna Facebook yang baru bergabung. Navigasi Facebook yang mudah juga menjadi poin plus bagi jejaring sosial terbesar ini.

2.      Pengguna terbesar

Facebook menjadi juara pertama diantara situs jejaring sosial lainya. Karena Facebook memiliki sekitar 1,44 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Seperti dilaporkan Facebook pada bulan april lalu.

3.      Tempat bisnis

Facebook sangat cocok untuk lapak produk yang akan dijual para pebisnis online. Bagaimana tidak, pebisnis online sangat meraup keuntungan karena jaringan pemasarannya lebih besar. Apalagi Facebook memiliki pengguna yang cukup banyak.

4.      Aksesibilitas

Pihak Facebook selalu memudahkan penggunanya untuk dapat mengakses jejaring sosial ini. Terutama aplikasi mobile Facebook yang tersedia di berbagai sistem operasi, mulai dari Java, Blackberry, Android, Apple dan bahkan hanya bermodal hp berfitur internet saja anda dapat mengakses facebook.

5.      Permainan

Ini merupakan fitur yang menjadi ciri khas Facebook. Fitur ini juga yang menjadi Facebook dapat memperoleh pengguna besar, terutama anak-anak. Jarang sekali situs jejaring sosial yang menyediakan fitur hiburan untuk penggunanya.

 

 

6.      Indikator online

Facebook memberikan indikator berupa titik atau dot berwarna hijau pada fitur chat. Fitur ini juga jarang ditemukan di jejaring sosial lainya.  hanya Facebook yang mempunyai indikator seperti ini.

Berikut ini kekurangan Facebook, antara lain sebagai berikut:

1.      Plagiat nama

Kita sulit menemukan mana yang asli dan mana yang palsu. Terutama akun selebriti. Atau mungkin jika kita ingin menemukan akun teman kita dengan mencarinya, akan sulit sekali ketemu karena banyaknya sekali pengguna Facebook yang kebetulan mempunyai kesamaan nama, sehingga sangat sulit membedakan.

2.      Mengganggu belajar siswa

Banyak sekali pelajar indonesia yang mulai menggunakan Facebook. Hal ini menyebabkan belajar dinomor duakan. Karena kemudahan untuk mengobrol dengan pacar atau teman di Facebook. Apalagi gratis, tidak seperti sms yang dikenakan tarif per smsnya.

3.      Pornografi

Kasus yang sangat parah menjangkit di media sosial adalah kasus yang berkaitan dengan seksual, salah satunya pornografi. Tidak adanya filter konten yang disediakan pihak Facebook membuat jejaring sosial yang berpenghuni anak anak dan dewasa bercampur aduk. Konten yang seharusnya dilihat orang 18 tahun ketas malah terlihat oleh anak-anak atau remaja.


 

KESIMPULAN

Berdasarkan dari informasi makalah diatas maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

·         Bisnis Informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.

·         Dalam pemanfaatan bisnis informatika terbagi kedalam tiga jenis bisnis yang mana masing-masing bisnis informatika ini memiliki sasaran pasar yang berbeda.

·         Terdapat beberapa jenis jenis bisnis informatika diantaranya : E-Commerce, Software House, IT Consultant, Penjualan Perangkat TIK, Pemasangan dan Pemeliharaan Jaringan Komputer dan Perangkat TIK.


 

DAFTAR PUSTAKA

https://ressaadeliapuspita.blogspot.com/2020/10/makalah-pengantar-bisnis-informatika.html

http://andifajrii.blogspot.com/2017/10/pengertian-bisnis-tik-dan-bisnis.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Bukalapak
https://appnesia.id/artikel/pengertian-gojek/

https://myskill.id/blog/dunia-kerja/startup-unicorn-decacorn-hectocorn/

https://gojekblog.com/layanan-aplikasi-gojek-customer-terbaru-2019/

https://www.edigitalagency.com.au/logos/new-facebook-logo-png/

https://brainly.co.id/tugas/15236540

https://www.facebook.com/notes/facebook/facebookadalah/165147316955181

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar